Inspirasi

Pentingnya Percepatan Dalam Upaya Mematahkan Mitos Dan Membangun Fakta Di Dunia Kesehatan!

“Peran strategis Public Relations”

“Peran strategis Public Relations”

Jakarta – Banyaknya mitos dalam dunia kesehatan dan besarnya jumlah masyarakat yang mempercayainya merupakan beban tersendiri dalam mengomunikasikan pesan kesehatan. Tersendatnya komunikasi kesehatan, saya merumuskannya sebagai pesan-pesan kesehatan yang benar, akan membawa dampak serius dalam berbagai aspek kesehatan, seperti pesan dalam mitos dianggap benar dan dijalankan sehingga sakit bertambah, tidak tahu terapetik yang benar, dan pada akhirnya jika dilakukan dalam skala yang lebih luas, akan meningkatkan kecacatan (morbidity) dan kematian (mortality).

Yang lebih menyedihkan, mitos tentang kesehatan lebih cepat berkembang di masyarakat dibandingkan fakta yang benar dan jika sudah menjadi panutan, tentunya akan sulit mengubahnya. Contoh mitos yang ada: Vaksin bisa sebabkan autisme mengakibatkan anti-vaksin (kecacatan dan kematian meningkat). Atau pakai bra bisa sebabkan kanker payudara (tidak ada hubungan), biopsi tumor malah bisa menyebabkan penyebaran kanker (padahal dengan biopsilah kita bisa tahu stadium kanker dan tindakan yang dapat dilakukan, dll).

Dalam dunia modern seperti saat ini, adanya percepatan arus komunikasi di berbagai bidang, membuat seseorang mau tidak mau terekspos terhadap berbagai mitos, dan apabila kemudian mendapat informasi yang benar atau fakta, banyak orang menolak atau denial.

Media sosial yang kecepatan pesannya lebih dari roket, menurut saya, sedikit banyak menyumbang terhadap tersebarnya mitos dengan cepat.

Di lain pihak, sering kita baca juga upaya yang tidak kalah konsistennya di media massa, baik cetak, online maupun elektronik untuk membangun fakta yang benar.

Percepatan harus dijawab dengan percepatan juga. Sekarang saatnya mempercepat upaya membangun fakta di dunia kesehatan, menantang arus deras mitos tersebut.

Disinilah peran Public Relations sangat strategis. Jika dalam ilmu fisika percepatan dapat diukur, dalam dunia komunikasi juga demikian. PR dapat melakukan segala upaya komunikasi yang terukur dalam percepatan penyampaian fakta yang benar.

Percepatan sudah dimulai dari kemarin, hari ini dan harus dipercepat lagi ke depannya. PR harus punya segudang cara, dengan berbagai cara, amunisi penuh menembakkan informasi2 yang benar tentang dunia kesehatan kepada masyarakat. Jangan tanggung-tanggung, pesan harus tajam, benar, pas serta menarik. Perlukah kemasan? Sangat perlu. Dengan demikian, mitos bisa dipatahkan, fakta dapat dibangun!

Oleh: Eugenia Siahaan

Tentang Eugenia Siahaan

Eugenia Siahaan sapaan akrab wanita kelahiran 28 September ini. Pada tahun 1992 silam, Eugenia berhasil meraih gelar sarjana komunikasi di Universitas Indonesia. Pengalaman bekerja sebagai praktisi humas di beberapa organisasi mengantarkan sosok Eugenia mendirikan perusahaannya sendiri PT. Tulus Putera Merdeka yang bergerak di bidang konsultan komunikasi.

Saat memimpin dan menjalani perusahaannya, Eugenia memiliki ketertarikan dan lebih banyak fokus pada bidang kesehatan. Eugenia percaya bahwa kesehatan merupakan salah satu indikator kepentingan negara. Ia memiliki dorongan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap kesehatan di Indonesia. Sejak saat itulah Eugenia mulai mendapatkan banyak pengalaman menangani beberapa klien khususnya rumah sakit, organisasi dan farmasi.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4
To Top