Yang Baru

Pembukaan Sosialisasi dan Penyelarasan Program Rehabilitasi Narkoba dan HIV-AIDS di Instansi Polri Hotel Manhattan, Jakarta 23 Oktober 2019

  1. Merujuk data BNN pada 2018, prevalensi angka penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar di 13 ibu kota Provinsi di Indonesia mencapai angka 3,2 % atau setara dengan 2,29 juta orang di kalangan pelajar dan mahasiswa. Sementara berdasarkan data dan hasil penelitian BNN dan Puslitkes UI peredaran Gelap Narkoba dan Korban Penyalahguna Narkoba terus meningkat sekitar 1,77 % atau 3,3 juta penduduk Indonesia pada rentang usia 10-59 tahun. Sebelumnya pada tahun 2016 masih 0,02 % dari total penduduk Indonesia. Kemudian jumlah kasus HIV dan AIDS menurut faktor resiko yang dilaporkan pada tahun 2018 oleh BNN untuk yang terinfeksi virus HIV sebanyak 46.659 orang dan yang sudah masuk ke fase AIDS sejumlah 10.197 orang. Kerugian ekonomi maupun sosial akibat narkoba mencapai 84,7 triliun, mencakup kerugian sosial sebesar 77,4 triliun dan 7,3 triliun kerugian pribadi. Presiden sudah menyampaikan bahwa indonesia darurat narkoba !!!
  • Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri pada Unit Narkoba Rumah Sakit Bhayangkara Lemdiklat Polri serta Pusat Kesehatan dan Kedokteran Kepolisian (Pusdokkes) Polri bersama Asosiasi Rehabilitasi Narkoba Indonesia (AIRI), Yayasan Sahabat Rekan Sebaya, Yayasan Karisma, dan Indonesia AIDS Coallition (IAC) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Penyelarasan Program Rehabilitasi Narkoba dan HIV-AIDS di Instansi Polri di 23 Polres di wilayah Indonesia guna menyelaraskan regulasi terkait Penanganan Rehabilitasi Narkoba dan dalam rangka menurunkan stigmatisasi dan diskriminasi dalam penanganan HIV-AIDS.
  • Unit Narkoba Rumah Sakit Bhayangkara Lemdiklat Polri adalah sebagai tempat rujukan rehabilitasi narkoba di Instansi Polri yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Pemerintah.
  • Unit Narkoba Rumah Sakit Bhayangkara Lemdiklat Polri mempunyai tugas pokok mendukung tugas operasional kepolisian. Salah satunya yaitu melaksanakan terapi dan rehabilitasi narkoba serta penanganan HIV-AIDS untuk Pengguna / Penyalahguna Narkoba, dikhususkan melaksanakan terapi dan rehabilitasi narkoba untuk personel Polri dan juga terkait kasus hukum serta umum
  • Acara ini bertujuan untuk menyelaraskan penanganan rehabilitasi narkoba dan HIV-AIDS di Instansi Polri serta memanfaatkan penggunaan fasilitas rehabilitasi narkoba yang ada di Instasi Polri sesuai dengan Undang Undang Narkotika dan Peraturan Pemerintah yang berlaku.
  • Pelaksanaan
  • Pembukanaan dan Pelaksanaan untuk Wilayah DKI Jakarta

Hari/Tanggal    : Rabu – Jumat, 23 – 25 Oktober 2019

Lokasi             : Hotel Manhattan

Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 19-24 Casablanca Kuningan Jakarta Selatan 1295

Audience         : Para Personel Polri

  • Pelaksanaan di wilayah Indonesia

Hari/Tanggal    : Bulan Oktober s.d. November 2019

Lokasi             : Polres / Polsek di Wilayah Indonesia

Audience         : Para Personel Polri

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4
To Top