Fashion

Muffest Targetkan Transaksi Senilai 45 Milyar Rupiah

Perhelatan Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) 2019 dengan tema ’Singularity’ yang digelar pada tanggal 1 sampai 4 Mei 2018 di area Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), secara resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto. Sejak tahun 2016, Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo selaku Professional Exhibition Organizer (PEO) konsisten menyelenggarakan MUFFEST dengan peningkatan kualitas dari tahun ke tahun dengan tujuan dapat memperkuat kompetensi produk fashion muslim Indonesia agar mampu menguasai pangsa pasar lokal sekaligus bersaing di pasar global. Hal tersebut sejalan dengan target Indonesia menjadi barometer fashion muslim dunia.

“Untuk mengembangkan industri fashion muslim Indonesia harus dilakukan bersama-sama dan membutuhkan komitmen kontribusi dari berbagai pihak. Melalui ajang MUFFEST diharapkan seluruh pihak dan stakeholder terkait dapat saling bersinergi dan terintegrasi dalam menjalin kerjasama yang sinergis dan berkelanjutan untuk memperkuat pelaku industri fashion muslim di tanah air guna mengantarkan Indonesia menjadi pusat fashion muslim global,” papar Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC).

Di tahun ke-4 penyelenggaraan MUFFEST, jumlah pengunjung dan nilai transaksi diharapkan akan lebih meningkat. Dengan pencapaian jumlah 47.100 pengunjung dan nilai transaksi 28,3 miliar rupiah pada MUFFEST 2017 serta jumlah 51.389 pengunjung dengan transaksi senilai 38,9 miliar rupiah pada MUFFEST 2018, maka MUFFEST 2019 optimis menargetkan 55.000 pengunjung dengan transaksi senilai 45 miliar rupiah.

MUFFEST 2019 akan menghadirkan exhibition (pameran dagang) ritel atau B2C (Business to Customer) dan mengarah pada B2B (Business to Business), rangkaian fashion show yang menampilkan keragaman gaya busana muslim di Indonesia sesuai Indonesia Trend Forecasting (Muslim Fashion Trend) 2019/2020, dan dilengkapi kegiatan inspiratif lainnya seperti Fashion Presentation, Talkshow, dan Seminar. Berbagai program kompetisi kembali digelar tahun ini, yaitu Elzatta x Modest Young Designer Competition (MYDC) supported by Asia Pacific Rayon, kompetisi untuk menjaring talenta desainer muda di bidang fashion muslim; WardahNEXT FACE MUFFEST 2019, kompetisi untuk para perempuan muda muslim yang inspiratif; dan Wardah Make Up & Hijab Do Competition 2019, kompetisi untuk mengapresiasi para make up enthusiast dan hijab stylist.

MUFFEST 2019 Resmi Dibuka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia

Dalam acara Opening Ceremony MUFFEST 2019, pihak penyelenggara yang diwakili oleh Ali Charisma dari Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Daswar Marpaung perwakilan manajemen Dyandra Promosindo, memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung penuh penyelenggaraan MUFFEST 2018. Mulai dari instansi pemerintah: Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, SMESCO, Badan Ekonomi Kreatif dan BBPLK Semarang Kementerian Tenaga Kerja. Serta seluruh mitra yang turut mendukung yaitu Tokopedia sebagai Official E-Commerce Partner, Wardah sebagai Official Make Up, dan pihak sponsor lainnya yaitu Elzatta, UBS Gold, dan Asia Pacific Rayon. Termasuk Community Partner, yaitu Hijabers Mom Community dan Islamic Fashion Institute (IFI). Opening Ceremony MUFFEST 2019 juga dihadiri oleh perwakilan dari Kedutaan-Kedutaan Besar negara OKI dan negara-negara sahabat Republik Indonesia.

Pada pembukaan MUFFEST tahun ini, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia berpeluang untuk unjuk gigi di industri fashion global, apalagi Indonesia juga merupakan runner-up negara yang mengembangkan fashion muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab. ”Semoga dengan adanya kegiatan ini, industri fashion muslim tumbuh signifikan dan Indonesia semakin siap menjadi salah satu pusat fashion muslim dunia,” ucap Airlangga Hartarto dalam sambutannya.

Acara Opening Ceremony MUFFEST 2019 juga menghadirkan peragaan rancangan desainer fashion muslim Indonesia, yaitu SMK NU Banat Kudus Binaan Djarum Foundation, Noore Muslim Sportwear, Lania Rakhmawati, Irmaintan, dan Lisa Fitria.

Deretan Acara Fashion Show Ramaikan MUFFEST 2019

Pada hari pertama ini, di area Main Stage akan menghadirkan BBPLK Semarang Kementerian Tenaga Kerja yang mempersembahkan parade rancangan desainer Wignyo yang didukung oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Lhokseumawe, Auliya by Gallery Sholeha, dan Ovie V.

Kemudian, IFC menampilkan parade karya sejumlah desainer yang tergabung dalam IFC yakni Emmy Tee, Wignyo dengan didukung oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Tenggara, Inali.co by Lisa Fitria & Ina Priyono, Anggia Handmade, Iffah M Dewi X Kaji Habe, Putri Rizkia, Amres Art, Lanny Amborowati, Anggie Rachmat, La Rose Syar’i by Najua Yanti, Chaera Lee & Nia The Novijanto, Elva Fauqo, Neera Alatas, dan Irmaintan. Rangkaian fashion show di hari perdana MUFFEST 2019 diakhiri dengan Asia Pacific Rayon yang mempersembahkan koleksi modest wear terbaru dari desainer Ali Charisma, Hannie Hananto, Weda Githa, Sofie, Raegitazoro, Novita Yunus, Dibya Hody & Aldre.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4
To Top