Education

Sandiaga Uno Ajak Santri Go Digital

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, berharap santriwan dan santriwati di Indonesia memiliki kemampuan yang baik dalam mengadopsi teknologi digital yang ke depan berdampak pada penciptaan lapangan kerja baru dan berkualitas.

Hal ini disampaikan saat kunjungannya ke Pesantren Al Hasaniyah, Sukabumi, beberapa waktu lalu. Dalam kunjungannya Sandiaga didampingi Ketua Umum OK OCE, Iim Rusyamsi.

“Target kita tiap tahun 20 persen dari tiap pondok pesantren bisa meningkatkan kemampuannya untuk mengadopsi teknologi digital,” jelas Sandiaga.

Ponpes Al Hasaniyah di Sukabumi menjadi contoh pesantren yang perlahan mulai mengadopsi tata kelola ekonomi digital.

Sementara itu, Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE, akan terus mendorong para santri untuk memanfaatkan digitalisasi sebagai peningkatan kemampuan para santri yang nantinya bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja, apalagi menghadapi ancaman resesi tahun depan.

“Semoga dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kemampuan para santri untuk menciptakan ekonomi kreatif dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” papar Iim.

Dapat dilihat dari beberapa inovasi yang dilakukan oleh para santrinya, seperti mampu memodifikasi motor bebek, mengelola online shop melalui media sosial, membangun jejaring teknologi informasi, ekspor ikan hias ke berbagai negara seperti Kanada, Jepang, Malaysia, juga memproduksi kerajinan berbasis kaligrafi, dan membuat pelet ikan dengan alat yang dibuat sendiri dari bekas pompa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top