Yang Baru

Peran Kunci Sektor Bisnis dalam Pencapaian Tujuan Kesetaraan Gender

Jakarta – Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) bekerja sama dengan Harian Umum Kompas menggelar diskusi bertema “2 Tahun SDGs: Peran Bisnis dalam kesetaraan dan pemberdayaan perempuan. Kegiatan ini untuk menandai dua tahun komitmen global mewujudkan pembangunan berkelanjutan atau lebih dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang jatuh pada akhir September.

Hadir Menteri Perencanaan Pembangunan Bambang Brodjonegoro serta CEO Sintesa Grup Shinta Kamdani, Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Presiden Direktur Wiwiek Santso dan Direktur Teknologi XL AXIATA Yessie D. Yosetta.

“Berdasarkan data BPS, tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan berkisar 51% yang artinya masih besar potensi kontribusi perempuan bagi ekonomi dan pembangunan Indonesia. Peran sektor swasta untuk mewujudkan potensi ini menjadi sangat penting”. kata Shinta Kamdani, pembina IBCWE

Selain itu diskusi ini juga membahas tantangan pencapaian Tujuan 5 SDGs (Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan). Bentuk-bentuk kontribusi sektor bisnis dalam pencapaian SDGs Tujuan 5, serta langkah-langkah yang menunjang sinergi antara Pemerintah, Perusahaan dan Masyarakat demi pencapaian target SDGs Tujuan %.

Untuk beberapa tujuan dari 17 tujuan SDGs, Indonesia menunjukkan capaian yang masih tertinggal dibanding negara-negara lain bahkan kawasan Asia Tenggara. Data dari SDG Index dan Dashboard 2017 menunjukkan, berdasarkan peringkat tantangan semua tujuan SDGs, Indonesia berada di posisi 100 dari 157 negara.

“Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan bukan hanya merupakan salah satu tujuan SDG, tapi juga merupakan syarat mutlak bagi pencapaian keenambelas Tujuan SDG yang lain” ujar Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif IBCWE

Pemerintah melalui Bappenas menyatakan kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan, dan memerintah secara efektif.

Sektor bisnis memiliki peran kunci menjadi akselerator pencapaian SDGs khususnya pada Tujuan 5 ditengah beragam tantangan untuk meraih capaian kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Salah satuya adalah angka partisipasi sektor formal Indonesia dimana tenaga kerja perempuan mencapai 49%, sedangkan laki-laki 83% (Bank Dunia, 2015).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top