Inspirasi

Laleilmanino Donasi ke Sekolah Adat di Kalimantan Barat

Trio Laleilmanino mengajak generasi muda bergerak bersama untuk menjaga hutan demi mencegah dampak perubahan iklim yang semakin parah dengan berdonasi ke sekolah pelestasi tradisi dan hutan di Kalimantan Barat.

Kali ini Anindyo Baskoro (vokalis RAN), serta Arya Aditya Ramadhya dan Ilman Ibrahim (gitaris dan keyboardist Maliq & D’Essentials) berdonasi dengan menggaunkan kampanye #DengarAlamBernyanyi. Hasil penjualan merchandise, donasi dari publik dan royalti dari single yang digarap bersama Chicco Jerikho, Sheila Dara, dan HIVI! untuk memperingati Hari Bumi Sedunia (Earth Day) ini telah terkumpul sebesar 25 Juta rupiah. 

“Terima kasih untuk semua pihak yang mendukung berjalannya karya ini, dan juga untuk Hutan itu Indonesia (HII) yang sejak awal kami membuat lagu ini sudah sangat membantu sekali untuk memberi insights supaya lagu ini benar-benar bernyawa,” kata Nino dalam penyerahan donasi yang berlangsung secara virtual pekan lalu.

Bagi Christian Natalie, Manager Program – Hutan Itu Indonesia, lagu ini selain catchy juga memiliki makna yang dalam. “Pesan tentang selimut polusi yang harus dihajar berhasil disampaikan dengan keren oleh Laleilmanino,” ujar Christian. Polusi yang menyelimuti Bumi dengan polutan membuat planet tempat kita tinggal semakin panas. Seperti selimut yang menutupi tubuh yang sedang gerah, maka tubuh akan semakin tidak nyaman, kan? Bumi yang kepanasan menyebabkan perubahan iklim, yang dampaknya akan semakin parah, jika tidak segera diatasi. 

Sejalan dengan pesan dalam lagu ini, HII pun merekomendasikan Laleilmanino untuk mendonasikan hasil kampanye ini kepada Sekolah Adat Arus Kualan yang memiliki empat sekolah informal gratis di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

F Deliana Winki, penggerak Sekolah Adat Arus Kualan Deliana mengungkapkan rasa bahagianya. “Saya berharap dukungan ini bisa bermanfaat bagi anak-anak dan orang-orang muda yang ingin mengembangkan adat, budaya serta menjaga hutan,” ujarnya.

Dalam penyerahan donasi, Program Director Coaction Indonesia, Verena Puspawardani mengungkapkan bahwa aksi Laleilmanino adalah hal yang luar biasa. Ia pun meyakini bila langkah ini dapat menjadi inspirasi, bagi masyarakat maupun organisasi lainnya.

“Semoga aksi yang sudah dimulai ini juga tidak berhenti di sini, tetapi tetap menginspirasi teman-teman dari komunitas lainnya. Lagu ini juga pasti akan kami pakai untuk setiap langkah kami, dan menjadi pengingat bahwa ini adalah story yang sudah diramu dengan indah oleh Laleilmanino,” singkat Verena.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top