Inspirasi

Pameran Warna-Warna: Warna Dalam Perspektif Anak-anak Berkebutuhan Khusus

Jakarta – Warna-Warna merupakan salah satu rangkaian acara dari peluncuran​single “Warna-Warna” oleh Andien. Merupakan kolaborasi Andien dengan Art Therapy Center Widyatama (ATC Widyatama) yang bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. Art Therapy Center Widyatama (ATC Widyatama) adalah lembaga pendidikan kesenian di Bandung yang mendidik anak berkebutuhan khusus menggunakan ilmu seni sebagai metode terapi.

Menurut Ibu Anne, melalui pameran ini ingin menunjukkan bahwa anak-anak berkebutuhan khusus memiliki bentuk ekspresi yang baik dan kemampuan yang layak mendapat tempat di ruang publik, sebagai hasil pembelajaran sekaligus terapi mereka. Karena mereka adalah siswa siswi spesial, mereka penyandang disabilitas dengan berbagai kelebihan. Kelebihan ini muncul karena perjuangan para pengajar, para guru yang juga tak kalah istimewa. Dengan kesabaran dan ketekunan membimbing, mendampingi dan mengajari, terbukti kemampuan itu muncul sebagai ekspresi anak manusia dalam kualitasnya. Ibu Anne yakin, ajakan berpameran ini terjadi karena kualitas tersebut, bukan sekedar berempati atau mengasihani.

Engel Tanzil sebagai Konseptor dari Dia.Lo.Gue Art Space, ingin memberikan kesempatan bagi anak-anak berkebutuhan khusus dalam mempublikasikan karya-karya mereka.

Pameran Warna-Warna berlangsung 29 Agustus – 9 September 2018. Tidak hanya sekedar pameran untuk mempublikasikan karya-karya dari siswa-siswi ATC Widyatama saja, akan diadakan​talkshow
​ pada 1 September 2018 dengan orang tua dengan tujuan untuk berbagi informasi bahwa ekosistem untuk anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia sudah memadai. Baik dari sekolah, fasilitas umum, dan lapangan kerja. Bahwa anak-anak berkebutuhan khusus memiliki warnanya tersendiri yang memperindah dunia.

Selain itu, akan diadakan pula dialog dengan tim ​Human Resource dan B​rand Marketing
​ pada 5 September 2018. Dialog ini bertujuan untuk berdiskusi mengenai kesempatan kerja untuk anak-anak penyandang disabilitas. Bahwa mereka mungkin memiliki kekurangan pada satu kemampuan, namun mereka dianugerahi kemampuan lebih lain yang bisa dilihat apabila kita mau melihat kemampuan itu.

Pameran Warna-Warna dimaksudkan untuk tidak hanya melihat, tetapi juga merasakan proses berkarya siswa-siswi ATC Widyatama. Merasakan tidak hanya karena belas kasih semata, melainkan merasa bagaimana mereka memandang suatu objek. Ekspresi yang berbeda dan istimewa. Melihat bahwa mereka, dengan bimbingan kita semua, bisa menjadi manusia seutuhnya yang berhak mendapat kesempatan yang sama.

5
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4
To Top
Could create table version :No database selected