Yang Baru

Indonesia International Furniture Expo 2018

Sosialisasi IFEX 2018, HIMKI Gelar Roadshow

Jakarta –Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) kembali bersiap menggelar pameran mebel dan kerajinan B2B (business to business) terbesar di Indonesia dan kawasan regional, Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2018. Persiapan awal IFEX 2018 dilakukan dengan menggelar roadshow ke beberapa kota seperti Jakarta, Cirebon, dll. ini digelar untuk menginformasikan kepada para pelaku industri mebel dan kerajinan mengenai IFEX 2018 dan mengajak mereka untuk kembali berpartisipasi dalam pameran IFEX 2018.

“Melalui roadshow ini kami ingin menginformasikan kepada para anggota HIMKI mengenai berbagai persiapan yang telah dan akan kami lakukan untuk kesuksesan penyelenggaraan IFEX 2018. Kami berharap anggota HIMKI di daerah bisa kembali menunjukkan dukungan positif dalam IFEX 2018,” terang Ir. Soenoto, Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI).

Indonesia juga dikenal kaya akan nilai budaya lokal yang memperkaya desain-desain mebel dan kerajinan Indonesia. “Kita harus memanfaatkan kekayaan budaya untuk menampilkan desain-desain produk unik yang mampu mencuri perhatian konsumen luar negeri,” ujar Soenoto.

Soenoto menambahkan bahwa Indonesia juga memiliki keuntungan dalam hal bahan baku dan sumber daya manusia. Dalam hal rotan misalnya, Indonesia dikenal sebagai negara penghasil bahan baku rotan terbesar di dunia dengan beberapa sentra industri mebel dan kerajinan rotan di berbagai wilayah. Keunggulan ini perlu dimaksimalkan agar Indonesia bisa terus menunjukkan eksistensi dan kualitas produk di level internasional.

Dukungan Pemerintah

Perkembangan industri furniture dan kerajinan di Indonesia dari tahun ke tahun masih cukup menggembirakan meski menghadapi kondisi pasar global yang penuh tantangan dan belum maksimalnya peranan pemerintah dalam membantu industri ini. HIMKI menargetkan industri ini bisa tumbuh pada kisaran 12-16% pada tahun 2018 ini.

Dukungan pemerintah memainkan peran yang penting bagi pengembangan industri mebel dan kerajinan.

Adanya dukungan penuh dari pemerintah, dalam hal ini Presiden Joko Widodo terhadap pengembangan industri mebel dan kerajinan nasional agar memiliki daya saing yang tinggi di era perdagangan bebas dunia saat ini membuat kalangan industri mebel dan kerajinan yang tergabung dalam HIMKI optimistis dengan masa emas pertumbuhan industri mebel dan kerajinan nasional dalam empat tahun ke depan dapat tumbuh 5 milyar Dolar AS.

Untuk memajukan industri mebel dan kerajinan, HIMKI telah bermitra dengan pemerintah dan seluruh stakeholder yang terdiri dari para pelaku industri mebel sekala besar, menengah dan kecil, para pelaku industri kerajinan nasional, para desainer, lembaga-lembaga dunia yang concern pada industri mebel dan kerajinan, media, organisasi kemasyarakatan, institusi desain serta institusi terkait.

Sirkuit Pameran Furniture di Asia Tenggara

Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2018 akan digelar pada 9 – 12 Maret 2018 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta dan menjadi bagian dari sirkuit pameran furniture di kawasan Asia Tenggara. Hal ini tentu mempermudah international potential buyers untuk menghadiri berbagai pameran furniture di kawasan ini.

Tahun ini, HIMKI berharap IFEX 2018 bisa menarik 12.500 buyers. Tahun lalu 5 negara dengan jumlah buyers dan visitors terbesar adalah Cina, Australia, Amerika Serikat, India dan Belanda. Tahun ini, diharapkan jumlah negara yang mengikuti kegiatan IFEX 2018 akan bertambah.

Untuk mempermudah peserta, pengunjung dan media peliput IFEX 2018, panitia telah membuka registrasi online melalui www.ifexindonesia.com. Panitia menyatakan tiket IFEX 2018 adalah Rp150.000 untuk pendaftaran tanggal 9 – 11 Maret 2018 dan Rp75.000 untuk pendaftaran pada tanggal 12 Maret 2018.

Untuk memberikan pengalaman yang lebih baik, panitia juga akan mengadakan business matching bagi para peserta, di samping berbagai program lainnya seperti talkshow, forum diskusi dan lain-lain. IFEX 2018 juga akan dilengkapi dengan mobile apps untuk memudahkan pengunjung mengetahui lokasi, jadwal, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Pada IFEX 2018, HIMKI kembali bekerjasama dengan Dyandra Promosindo sebagai pelaksana kegiatan.

“Apabila kita bisa memenuhi ekspektasi potential buyers baik dari sisi kualitas dan keragaman produk, kenyamanan dan kemudahan selama berada di area pameran, termasuk akomodasi dan lain-lain, tentu mereka akan merasa puas. Diharapkan ke depannya mereka akan menjadi pengunjung reguler bahkan bisa membantu promosi IFEX melalui kekuatan word of mouth (WOM),” pungkas Ir. Soenoto.

5
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4
To Top