Cantik & Sehat

Sarwendah “Cerewet” Soal Kebersihan Lantai

Jakarta – Istri dari Presenter Ruben Onsu, Sarwendah memberi perhatian mengenai pentingnya membersihkan lantai di rumahnya. Bahkan sebagai seorang ibu, aIa mengakui dirinya merupakan orang yang termasuk cerewet dalam menjaga kebersihan lantai rumah karena sang putri Thalia Putri Onsu sering menghabiskan waktu bermain di lantai.

“Kebersihan keluarga dan kesehatan mereka merupakan prioritas saya sebagai ibu. Lantai rumah merupakan bagian di rumah yang cepat sekali kotor, debu, tumpahan makanan atau minuman, belum lagi kotoran yang kita tidak sengaja bawa dari luar rumah. Bahkan, lantai yang terlihat bersih dan wangi sekali pun masih mempunyai kemungkinan untuk dihinggapi serangga,” ungkap Sarwendah, di Jakarta, Rabu (3/10/2017) dalam peluncuran S.O.S Pembersih Lantai Sereh.

Oleh karenanya, Sarwendah mengapresiasi kehadiran S.O.S Pembersih Lantai Sereh yang  membantu mengurangi bebannya dalam membersihkan lantai dan menjaga rumah agar bebas dari serangga.

“Biasanya ketika membersihkan lantai butuh setidaknya dua kali proses untuk bisa membuat lantai terbebas dari kuman dan serangga. Dengan bahan alami sereh, sekarang saya jadi lebih tenang dan mudah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan keluarga,” jelas Sarwendah

Sedangkan pemerhati lingkungan dr. Kartika menekankan pentingnya menjaga sanitasi rumah karena sanitasi atau kebersihan rumah adalah kunci untuk memelihara kesehatan keluarga. Rumah yang kotor rentan pada berkembangnya kuman, serangga dan penyakit. Hal ini tentunya berbahaya bagi perkembangan anak yang cenderung lebih suka bermain di lantai.

Ditambah dengan adanya fase oral yang harus dilalui setiap anak dalam tumbuh kembangnya. Sangat besar kemungkinannya anak memasukkan jari-jari tangan yang menyentuh lantai dan mainan yang jatuh ke lantai untuk kemudian dimasukkan ke mulut. Sangat merepotkan jika ibu harus selalu mencuci mainan anak yang jatuh ke lantai.

Akan lebih efisien jika ibu yang menjaga kebersihan lantainya agar bebas kuman dan serangga. Data tahun 2015 dari The International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC)1 mengatakan bahwa 1 (satu) anak meninggal dunia setiap 20 detik karena sanitasi yang buruk.

“Rumah bersih dan sehat tidak bisa dideskripsikan dengan ciri-ciri fisiknya saja.  Ciri-ciri fisik yang saya maksud adalah bukan hanya lantai rumah yang terlihat bersih, bukan hanya lantai yang mengkilap jika dipandang, dan bukan pula lantai yang wangi.Namun dari sisi medis ciri-ciri rumah yang bersih dan sehat adalah rumah yang anggota keluarga di dalamnya bebas dari penyakit dan sumber-sumber penyakit seperti kuman dan serangga. Jika Anda memiliki anak yang sehat maka itu adalah indikator bahwa rumah Anda adalah rumah bersih dan sehat,” tambah dr. Kartika.

Menurut dr Kartika Mayasari, sereh merupakan salah satu tanaman yang memiliki seribu manfaat.  Dari manfaat anti bakteri, anti jamur serta antioksidan. Tanaman ini menghasilkan minyak atsiri yang ditakuti oleh serangga. Sitronelol dan geraniol merupakan bahan aktif dalam sereh yang tidak disukai dan sangat dihindari serangga sehingga penggunaan bahan-bahanalami ini sangat bermanfaat sebagai bahan pengusir serangga.

“Contohnya adalah nyamuk yang mengincar mangsanya mengandalkan daya cium dan panas tubuh calon korbannya. Zat sitronela yang ada pada aroma sereh ini sangat dibenci oleh nyamuk, maka menghadirkan aroma ini akan menghalau nyamuk dan serangga lainnya untuk mendekat. Bahan alami sereh ini sudah sering dipakai sebagai pengusir serangga, dan memiliki kelebihan dibanding penggunaan pengusir nyamuk lainnya. Minyak sereh berasal dari bahan alami karena relatif lebih aman dibanding pengusir nyamuk yang tidak berasal dari bahan alami. Sebagian besar pengusir nyamuk mengandung insektisida yang akan berdampak pada pernapasan,” jelas dr Kartika. (imr)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top