Cantik & Sehat

Kenali Bahaya Deodoran dan Antiperspiran

SWISS – Swiss melarang peredaran deodoran dan antiperspiran yang mengandung aluminum salt (garam aluminum) karena kimia beracun tersebut ditengarai menjadi pemicu kanker payudara. Swiss menjadi negara pertama di dunia yang mengambil langkah tersebut.

Dewan Nasional setempat menyetujui rancangan undang-undang untuk melarang penggunaan aluminum salt dalam antiperspiran. RUU tersebut juga mendesak Dewan Federal untuk melakukan riset lanjutan untuk mendalami hubungan antara pemakaian deodoran dan peningkatan risiko kanker payudara.

Dilansir dari naturalnews.com, aluminum salt merupakan bahan aktif yang dipakai dalam antiperspiran dan deodoran yang berfungsi untuk mengendalikan keringat dan bau badan. Kimia beracun itu bekerja dengan cara memblokade keringat berlebihan. Akibatnya, jumlah pelembab di kulit berkurang karena tersedot oleh bahan kimia tersebut. Pemakaian deodoran dan antiperspiran berlebihan dapat menyebabkan bahan kimia beracun itu menumpuk di jaringan payudara.

Studi yang dilakukan pada 2016 menunjukkan, sebagian besar produk deodoran dan antiperspiran yang beredar di pasar mengandung bahan penyebab kanker ini.

Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit yang banyak diidap perempuan di dunia. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam Global Health Estimates 2013, lebih dari 508.000 perempuan di dunia meninggal akibat kanker payudara pada 2011. 

WHO juga menyebutkan, pengidap kanker payudara banyak berasal dari negara-negara berkembang dan sisanya di negara maju.

Studi berjudul International of Cancer yang dirilis September 2016 menjadi alasan utama pelarangan peredaran deodoran dan antiprespirant berbahan aluminum salt di Swiss. Tim riset dari University of Geneva meneliti dampak racun bahan kimia tersebut terhadap tikus.

Dalam penelitian disebutkan bahwa pemakaian kimia berbahaya dalam waktu lama mengakibatkan pertumbuhan tumor pada jaringan payudara tikus. Bahkan, risikonya bisa meluas ke beberapa bagian tubuh lainnya.

Pemakai deodoran dan antiperspiran, utamanya perempuan, diingatkan untuk tidak memakai produk-produk yang mengandung aluminum salt.

“Saya pikir kita harus menghindari pemakaian produk deodoran dan antiperspiran yang mengandung aluminum salt. Tapi memang susah untuk memastikan produk-produk itu bebas dari bahan aluminum. Kita harapkan larangan atas aluminum tidak akan lama,” kata Andre-Pascal Sappino, co-author studi kepada TheLocal.ch.

5
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4
To Top