Inspirasi

8 Langkah Menjadi Millionaire ala Denny Santoso

Jakarta – Denny Santoso, salah satu influencer bidang digital marketing yang paling berpengaruh di Indonesia mengatakan alasan utama yang membuat orang tidak ingin memulai bisnis adalah karena pikiran-pikiran negatif. Merasa tidak cukup berbakat untuk berbisnis, merasa tidak punya modal bahkan merasa terlalu tua untuk memulai. Padahal, tidak sedikit pebisnis yang memulai ‘start’ nya tanpa memiliki banyak uang untuk modal bahkan diusia yang juga sudah tidak muda lagi.

Di dalam buku Done is Better Than Perfect, buku serial entrepreneur yang membongkar cara mengubah mindset yang diluncurkan Denny Santoso akhir Agustus yang lalu, pemilik sejumlah ecommerce ini berbagi  8 langkah rahasia untuk menghalau pikiran-pikiran negatif yang dapat menghambat sukses

  1. Follow the money

Hitung pendapatan Anda perbulan dan dibagi hari kerja dan jam kerja. Misalkan pendapatan sebulan 5 juta rupiah, dengan bekerja 25 hari dan 10 jam per hari. Dengan demikian penghasilan perjam Anda adalah 20 ribu.

Menambah jam kerja tidak akan membuat Anda menjadi kaya, karena semua orang hanya memiliki waktu 24 jam perhari. Satu-satunya cara adalah meningkatkan penghasilan. Pikirkan cara meningkatkan angka tersebut.

2. Don’t Show off, Show Up!

Kesalahan terbesar adalah menggunakan penghasilan untuk membeli barang-barang mewah. Saya sendiri sudah memiliki bisnis yang berjalan dan terus berkembang selama sebelas tahun waktu membeli mobil sport secara tunai.

3. Save to invest, don’t save to save

Masih banyak orang yang bekerja, mendapatkan penghasilan lalu menabung. Saya tidak pernah menabung. Sejak awal tahun 2000 semua penghasilan selalu saya simpan di properti. Menyimpan uang di deposito dalam setahun hanya memberikan bunga sebesar 6-7%. Sementara bila berinvestasi dibidang bisnis, tingkat pengembaliannya 20 – 100% per tahun.

4. Avoid debt that doesnt pay you

Hindari hutang atau pinjaman yang tidak menghasilkan. Utang bisa menjadi utang baik bila digunakan untuk perputaran bisnis atau investasi yang tingkat pengembaliannya jauh lebih besar dari bunga pinjaman. Ketika Anda meminjam uang untuk membeli barang mewah, harga barang mewah tersebut akan terus turun.

5. Money doesn’t sleep

Uang tidak pernah tidur. Saya tidak pernah menolak konsumen bahkan di hari libur. Sering kali saya bertemu dengan sales sebuah perusahaan yang susah sekali diajak rapat diakhir pekan. Semua itu kembali ke diri kita sendiri, mau menjadi lebih kaya atau tidak.

6. Get a millionaire mentor

Carilah mentor yang sudah terbukti dan pelajari apa yang mereka lakukan. Dengarkan saran mereka dan perhatikan bagaimana mereka melakukannya

7. INVEST

Jangan biarkan uang Anda tidur. Berinvestasilah. Selama uang Anda tidur, Anda kehilangan sebagian nilainya.

8. Invest in yourself

Banyak orang berani membeli gadget seharga 5 – 15 juta rupiah, tapi untuk berinvestasi di otak dengan harga yang sama malah takut dan mengeluh mahal. Sekarang pertanyaannya adalah lebih mahal otak atau gadget? Mana yang lebih berharga untuk diinvestasikan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top