Teknologi

Kenali Jenis Perangkat Wi-Fi untuk Atasi Dead Zone

Jakarta – Internet kini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi banyak orang, masing-masing anggota keluarga biasanya memiliki gadget dan area favorit di rumah mereka untuk berselancar di dunia maya. Namun seringkali terdapat kondisi dimana ruangan-ruangan di dalam rumah tidak semuanya terjangkau oleh sinyal Wi-Fi atau disebut dead zone. Hal ini juga terjadi karena pengguna internet kurang memahami jenis router yang mereka gunakan terhadap luas huniannya.

Mengingat kebutuhan internet saat ini tidak hanya terbatas pada kantor atau tempat usaha saja tapi juga menjadi salah satu kebutuhan utama di rumah. Cukup banyak manfaat yang bisa kita dapat dari memasang internet di rumah, seperti untuk belanja online, mencari informasi dan hiburan hingga melakukan bisnis online. Lalu apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa Wi-Fi di rumah?

Salah satunya adalah memilih router dan perangkat pendukung yang tepat seperti range extender, yang disesuaikan dengan luas hunian Anda.

Contohnya untuk luas hunian 100 m2 yang dirancang oleh TP-Link, Anda dapat memasang router terbaru dari TP-Link yaitu seri Archer C1200 yang mampu menyebarkan sinyal Wi-Fi ke seluruh ruangan. Anda dapat menikmati permainan game di gadget Anda hingga menonton youtube serta bekerja di area favorit secara bersamaan. Pada bangunan lebih dari 150m2, Anda dapat menambahkan range extender RE450 untuk menghilangkan area dead zone di hunian Anda.

Selain luas hunian, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam memasang router. Pertama, router tidak dapat dipasang berdekatan atau sejajar dengan perangkat elektronik lain (televisi, speaker, kulkas, microwave, dsb) jadi Anda sebaiknya meletakan posisi router lebih tinggi dari perangkat elektronik lainnya. Hal ini disebabkan perangkat elektronik tersebut berjalan di frekuensi yang sama pada router sehingga menyebabkan sinyal Wi-Fi dapat terganggu. Kedua, router juga tidak disarankan dipasang di sudut ruangan karena akan menghalangi penyebaran sinyal Wi-Fi yang terhalang oleh dinding.

Archer C1200 Dilengkapi dengan 3 Antena untuk Jangkauan Wi-Fi yang Lebih Luas

Archer C1200 bisa menjadi salah satu pilihan router untuk mengatasi Dead Zone di rumah Anda. Keunggulan utama router ini adalah memiliki jaringan dual band yang berkecepatan hingga 1200Mbps.

Yang menarik perangkat baru keluaran TP-Link ini telah dibekali dengan tiga antena eksternal yang mampu menyebarkan jangkauan sinyal Wi-Fi di area hunian Anda.

Dengan memahami luas hunian dan pemasangan router yang tepat sekarang Anda tidak perlu khawatir dengan adanya dead zone di area hunian Anda. Untuk memudahkan pengaturan pada router ini, TP-Link telah menyediakan aplikasi Tether App yang dapat diunduh di Apps Store dan Play Store.

banner_2
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner_2
To Top