Cantik & Sehat

Mengatasi Pori-Pori Besar di Wajah

Jakarta – Memiliki pori-pori besar di wajah adalah hal yang sangat menjengkelkan. Hal ini akan membuat kulit wajah nampak tidak sempurna, kusam dan tidak mulus. Ukuran pori-pori adalah genetik dan masih mungkin untuk dikecilkan. Ukurannya bervariasi tergantung dari jenis kulit itu sendiri. Penuaan, sinar matahari, kebersihan serta produk-produk kosmetik berkualitas rendah merupakan penyebab terjadinya pori-pori wajah yang membesar.

Seperti usia kulit Anda, kehilangan kolagen dan produksi kelenjar minyak menjadi lebih sedikit sehingga meningkatkan ukuran pori-pori. Menurut DermaDoctor pori-pori menjadi lebih besar karena perawatan kulit yang tidak benar dan komedo. Untungnya masih banyak cara untuk menaggulangi permasalahan pada kulit ini, seperti:

Membersihkan wajah

Membersihkan kulit wajah adalah langkah pertama untuk mencegah pori-pori besar, jerawat dan iritasi. Membersihkan kulit wajah sebaiknya dilakukan secara rutin setiap pagi untuk mengangkat sel kulit mati dan minyak yang tertanam didalamnya. Bersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah yang cocok dengan kulit Anda.

Steaming atau uap

Steaming adalah salah satu cara yang ampuh untuk membuka pori-pori wajah serta menghilangkan kotoran yang tersumbat didalamnya. Untuk steaming ini dapat dilakukan dirumah dengan cara yang mudah. Sediakan panci berisi air panas, tutup kepala dengan handuk, kemudian uapkan wajah dengan mengatur jarak dengan air panasnya. Lakukanlah selama 5 sampai 10 menit, setelahnya oleskan pelembab ringan di wajah Anda.

Pengelupasan untuk mengurangi ukuran pori-pori wajah

Pengelupasan secara teratur akan mengurangi ukuran pori-pori wajah. Gunakan kain lap yang bersih untuk membantu mengelupas kulit Anda dengan lembut. Seperti yang dilansir dari sefcarer.com, berikut beberapa cara melalui pengelupasan yang bisa Anda coba:

Microdermabrasion

Microdermabrasion adalah sebuah metode menghaluskan kulit (skin buffing). Microdermabrasion akan menghilangkan lapisan kulit yang sudah mati untuk membantu menghilangkan komedo yang menyebabkan pori-pori menjadi besar. Metode ini dilakukan di dokter kulit yang Anda percaya dan biasanya biayanya cukup mahal. Microdermabration juga telah dibuktikan dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah penuaan kulit wajah.

Retinols

Retinol merupakan jenis dari vitamin A dan seperti yang kita ketahui vitamin A sangat baik digunakan dan bermanfaat untuk kesehatan kulit kita. Retinol biasanya digunakan pada produk-produk anti penuaan. Biasanya penggunaan retinol akan menyebabkan kulit-kulit yang sudah mati terkelupas.

Baking Soda

Untuk menutupi pori-pori besar campurkan 2 sendok baking soda kedalam secangkir teh hangat. Oleskan baking soda pada hidung, dagu dan dahi guna mengangkat sel kulit mati.

Garam dan Buttermilk

Buttermilk mengandung asam laktat yang merupakan exfoliant kulit, oleh karenanya buttermilk akan sangat membantu dalam mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang terperangkap didalam kulit. Cara pemakaiannya adalah dengan mencampurkan buttermilk dengan garam hingga membentuk pasta. Dan oleskan pada bagian wajah selama beberapa menit. Setelahnya diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air. (prm)

LOVE this article? Share it with your friends and family

5
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

4
To Top