Cantik & Sehat

Tips ini Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Jakarta – Seringkali dibahas bahwa tidur yang baik dan sehat adalah selama enam sampai delapan jam setiap malam. Namun ada studi baru yang menyatakan bahwa waktu tidur ini tidak terlalu berpegaruh pada kesehatan.

Atau lebih tepatnya lagi, Research Centre Surrey Sleep di Inggris meneliti bahwa kualitas tidur lebih penting dibanding kuantitas. Selain itu, jumlah waktu tidur akan berbeda-beda pada setiap individu, dengan rata-rata lama waktu anatara lima hingga sembilan jam.

Sementara penelitian ini juga mengungkapkan banyak hal, terutama fakta bahwa bangun pagi terlepas dari jumlah tidur yang Anda miliki pada malam sebelumnya. Selama Anda menikmati tidur nyenyak dan tenang, maka Anda akan mampu bangun di pagi hari tanpa merasa terlalu lelah atau lesu.

Seperti yang dilansir dari lifehack.org, ada 6 langkah praktis yang dapat Anda lakukan untuk bangun pagi tanpa rasa lelah yaitu:

  1. Hindari minum kopi, anggur merah dan memakan coklat sebelum tidur

Secara ilmiah beberapa jenis makanan terbukti dapat mengganggu sistem pencernaan dan tidur Anda. Kopi, anggur merah dan coklat susu adalah contoh utamanya, Anda dapat menghindari minuman dan makanan ini setelah pukul enam sore.

  1. Pergi ke toilet sebelum tidur

Seringkali kita menghabiskan waktu untuk membaca, menonton televisi atau bermain game sebelum terlelap. Kandung kemih di tubuh Anda ini akan mengisi perlahan-lahan, dan sebagian orang belum menyadari ini. Ini terjadi karena ginjal Anda akan terus bekerja sepanjang malam dan ketika Anda tidur.

Ini berarti bahwa kandung kemih Anda menjadi penuh ketika Anda bangun di pagi hari, Anda mungkin akan terganggu ketika harus pergi ke toilet lebih awal saat masih nyenyak tidur. Hal ini juga dapat menyebabkan tidur menjadi gelisah.

  1. Mengikuti Prinsip-prinsip inti Feng Shui

Hal ini dapat dilakukan sesuai dengan keyakinan dan jika Anda percaya dengan Feng Shui. Dengan mengatur tata letak ruangan sesuai dengan Feng Shui, Anda dapat menikmati tidur nyenyak yang membuat Anda segar dan bernergi di pagi harinya.

Seperti contohnya tata letak kamar tidur dalam perspektif Feng Shui dimana posisi tempat tidur diletakan di posisi yang bisa melihat pintu jika dibuka, ini akan memberikan rasa yang aman dan tidur menjadi lebih nyaman. Kemudian untuk warna kamar tidur juga berdampak pada suasana hati dan kualitas tidur. Warna-warna kalem seperti biru pastel dan hijau redup yang bisa memicu perasaan tenang dan harmonis.

Apa yang akan Anda lakukan ketika bangun pagi ?

  1. Memikirkan sesuatu yang bahagia dan menarik

Perasaan stress dan cemas dapat muncul di pagi hari dari pola pemikiran sub-concious yang muncul selama tidur dan kenaikan tingkat kortisol dalam tubuh kita. Hal ini juga menyebabkan rasa lelah dan lesu bahkan ketika tidur kita sudah nyenyak sekalipun. Maka dari itu Anda perlu fokus pada hal-hal yang positif untuk menghilangkan perasaan ini.

  1. Olah raga pagi

Melakukan olah raga rutin setiap pagi dapat meningkatkan mood serta mendorong tingkat fokus dan konsentrasi yang lebih tinggi. Anda dapat melakukan olah raga sederhana seperti jogging dimana olah raga ini dapat membuat otak melepaskan berbagai bahan kimia dan endorfin ke dalam aliran darah, yang dapat mengurangi gejala stress, lesu dan bahkan beberapa kasus penyakit. Menariknya lagi telah terbukti bahwa olah raga pagi juga dapat meningkatkan energi Anda untuk hari berikutnya, asalkan ini dilakukan dengan rutin setiap hari.

  1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Menurut beberapa penelitian, tubuh yang terpenuhi kebutuhan cairannya akan berpengaruh pada mental kita saat bangun pagi. Memulai hari Anda dnegan segelas air (sebelum sarapan) baik untuk metabolisme tubuh. Hindarilah untuk sering mengkonsumsi kopi setiap pagi. Menurut beberapa pengalaman mengonsumsi kopi setiap pagi secara bertahap dapat membuat tubuh terbiasa dengan kafein. Alternatif lain pengganti kopi bisa seperti buah dan teh.

LOVE this article? Share it with your friends and family J

5
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

4
To Top