Gaya Hidup

Bagaimana Cara Berpakaian yang Benar Saat Wawancara Kerja ?

Et harum quidem rerum facilis est et expedita distinctio. Nam libero tempore, cum soluta nobis est eligendi optio.

Photo: Shuterstock

Wawancara kerja merupakan salah satu kesempatan Anda untuk menunjukan kepada perusahaan kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki. Cara berpakaian juga dilihat oleh perusahaan ketika kita datang untuk wawancara. Seringkali terjadi kesalahan kecil dalam mode berpakaian ketika wawancara dan ini dapat membuat Anda kehilangan kesempatan berkarir di perusahaan tersebut. Berikut beberapa kesalahan berpakaian yang harus dihindari saat wawancara kerja:

Memakai jeans pada saat wawancara kerja terkesan terlalu santai dan tidak sopan. Jika Anda bingung harus memakai pakaian apa, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu ketika dihubungi untuk wawancara kerja. Mengenakan pakaian yang terlalu formal atau rapi akan lebih baik dibanding berpakaian yang terlalu santai.

Hal ini juga berlaku saat wawancara melaluli skype, berpakaian saat wawancara di skype berlaku seperti Anda wawancara secara langsung di perusahaan. Janganlah malas untuk berdandan yang lebih rapi.

  1. Memakai sepatu dengan hak yang terlalu tinggi, mungkin bisa memberi kesan elegant dan rapi namun ini akan membuat Anda tidak nyaman ketika berjalan. Ketika Anda merasa tidak nyaman karena harus menjaga keseimbangan tubuh saat berjalan ini juga akan mempengaruhi orang lain yang melihatnya. Sepatu yang tidak nyaman digunakan juga akan berpengaruh pada mobilitas Anda nantinya di pekerjaan.
  2. Membawa terlalu banyak barang, berpakaian yang tepat saat wawancara bukan hanya sebatas berpakaian rapi namun juga pada apa yang Anda bawa saat itu. Biasanya saat wawancara yang kita perlukan adalah lembaran CV, Laptop untuk menunjukan portfolio serta handphone. Namun selebihnya akan sangat mengganggu gerak Anda.
  3. Menggunakan pakaian yang asing bagi Anda, hal ini mungkin akan mengganggu kenyamanan Anda. Memakai pakaian yang belum pernah Anda pakai atau sudah lama tidak Anda kenakan akan beresiko pakaian itu tidak pas di badan ataupun ada kerusakan di salah satu bagiannya. Jika Anda merasa semua pakaian Anda sudah terlalu sering dipakai atau sudah tidak cocok lagi baiknya Anda membeli yang baru. Saat iniada banyak sekali toko pakaian kerja dengan harga yang terjangkau namun tetap fashionable.
  4. Menggunakan pakaian yang terlalu terbuka, Anda harus berpikir lagi untuk menggunakan pakaian yang terlalu seksi atau terbuka. Jika Anda memiliki tato di bagian tubuh hendaknya ditutup dengan pakaian yang sopan, kemudian jangan memakai perhiasan yang terlalu berlebihan.

Satu lagi yang terpenting adalah mengikuti naluri Anda, apakah Anda sudah cocok dengan pakaian yang anda gunakan, apakah Anda nyaman dengan gaya make up Anda saat wawancara. Saat wawancara Anda harus merasa percaya diri agar semua berjalan dengan lancar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top